Mengenal Sistem Diferensial Mobil
Mengenal
Sistem Diferensial Mobil - Diferensial ( Gardan ) pada
mobil sistem kerja dan fungsi nya sama saja dengan diferensial pada otomotif lain nya , hanya yang
membedakan ukuran nya , misal diferensial mobil di banding dengan diferensial
sepeda motor ya pasti tetep besar diferensial mobil , pokok nya semakin mesin
tersebut di gunakan keguna`an daya angkut nya semakin gede, semakin gede pula
duferensial nya.dan juga jelar bentuk ukuran nya pasti juga beda.
Fungsi utama Diferensial ( Gardan ) yaitu untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir nguser- nguser.
Fungsi utama Diferensial ( Gardan ) yaitu untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir nguser- nguser.
Berikut ini uraian sistem kerja Diferensial Mobil:
A ..Sistem Diferensial Mobil pada sa`at mobil berjalan lurus Cara kerja nya yaitu:
·
Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda
kiri dan kanan sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.
·
Beban yang ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah
sama.
·
Urutan perpindahan putaran Yaitu dari as kopel
diteruskan memutar drive pinion .
·
Drive pinion memutar ring gear , ring gear
bersama - sama dengan differential case akan berputar.
·
Dengan berputarnya differential case , maka pinion
gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena antara
differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft.
·
Karena beban antara roda kiri dan roda kanan adalah
sama saat jalan lurus , maka pinion gear akan membawa side gear kanan dan side
gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan.
·
Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear
tidak berputar , pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama -
sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama.
·
Bila differential case berputar satu kali , maka side
gear juga berputar satu kali juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus.
Putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan
kemudian menggerakkan roda yang membuat mobil berjalan
B.. Cara kerja sistem Diferensial saat
kendaraan membelok , cara kerjanya yaitu:
·
Pada saat mobil membelok beban yang ditanggung pada
roda bagian dalam adalah lebih besar daripada beban yang ditanggung roda bagian
luar . Misalkan sebuah mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda kiri
akan lebih besar daripada beban roda kanan.
·
Dengan demikian urutan perpindahan tenaganya adalah
sebagai berikut ; P:utaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive
pinion .
·
Drive pinion akan memutar ring gear . Dengan
berputarnya ring gear maka differential case akan terbawa juga untuk
berputar.
·
Karena beban roda kiri lebih besar dari roda kanan
saat belok ke kiri , maka side gear sebelah kiri akan memberi perlawanan
terhadap pinion gear untuk tidak berputar .
·
Gaya perlawanan dari side gear kiri ini akan membuat
pinion gear menjadi berputar mengitari side gear kiri.
·
Dengan berputarnya pininon gear , maka side gear kanan
akan diputar oleh pinion gear. Sehingga side gear kanan akan berputar lebih
cepat dari side gear kiri.
·
Gerakan side gear ini akan diteruskan ke as roda
kemudian ke roda.
·
Untuk roda kanan akan berputar lebih cepat daripada
roda kiri karena side gear kanan berputar lebih cepat.
Nah itulah sebagian dari keterangan
sistem diferensial mobil, mudah - mudahan keterangan ini dapat menambah wawasan
kita tentang sistem diferensial mobil........
Sekial artikel ini saya buat... TERIMA KASIH KUNJUNGANYA..
No comments:
Post a Comment